Kamis, 06 Mei 2010

TASAWUF AKHLAQI

1.Takhalli
Takhalli merupkan langkah pertama yang hrus di jalni seorang sufi.takhalli adalah usaha mengosongkan diri dari perilaku atau akhlak tercela. Contoh :riya,sifat yang ingin diagungkan.
2.Tahalli
Tahalli adalah upaya mengisi atau menghiasi diri dengan jalan membiasakan diri dengan sikap,perilaku ,dan akhlak terpuji.tahapan tahalli ini merupkan atau yang dilakukan kaum sufi setelah mengosongkan diri akhlak jelek.sikap mental dan perbuatan baik sangat penting diisikan kedalam jiwa manusia dan dibiasakan dalam perbuatan dalam pembentukan manusia paripurna, antaralain:tobat ,zuhud,,, alfaqr,al shabru,rida,muraqabah
Tobat adalah rasa penyesalan sungguh dalam hati yang disertai dengan permohonan ampun serta segala hal yang menimbulkan dosa.
Zuhud adalah sikap mengurangi keterikatan kepada dunia untuk kemudian menjauhinya dengan penuh kesadaran.
Al sabru adalah sabar
Al faqr adalah tidak menuntut lebih banyak dari apa yang telah dipunyai dan merasa puas dengan apa yang sudah dimiliki sehigga tidak meminta dengan sesuatu yang lain.
Muraqabah adalah siap dan siaga setiap saat untuk meniliti keadaan diri sendiri.
3.Tajalli.
Kata tajalli bermakna terungkapnya nur gaib,agar hasil yang telah diperoleh jiwa dan organ organ tubuh yang telah berisi dengan butir butir mutiara akhlak dan sudah terbiasa melakukan perbuatan yang luhur .
Para sufi sependapat bahwa untuk mencapai tingkat kesempurnaan kesucian jiwa hanya dpat ditempuh dengan satu jalan yaitu cinta kepada allah.
Maqamat dalam tasawuf.
Maqamat, bentuk jamak dari maqam berarti tahapan, tingkatan, atau kedudukan. Jadi, maqamat adalah tahapan rohani yang ditempuh oleh para pengamal tasawuf untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sedangkan ahwal, bentuk jamak dari hal, adalah keadaan mental yang dirasakan oleh para pengamal tasawuf sebagai anugerah yang datang dari Allah SWT. Maqam merupakan usaha, sedangkan hal merupakan anugerah. Keadaan hati dinamakan hal karena berubah-ubah dan dinamakan maqam karena telah tetap.

Pendapat yang sangat populer mengenai maqamat dan ahwal dikemukakan oleh Abu Nasr Sarraj yang berkata, “Maqam adalah kedudukan manusia di sisi Allah yang masuk ke dalam hati, sesuatu yang dirasakan karena ketulusan mengingat (dzikr) Allah.”maqam maqam yang dijalani kaum sufi terdiri atas :tobat,zuhud, sabar, syukur,rela,faqr dan tawakkal
Ahwal dalam tasawuf
1.muhasabah dan muraqabah
Muhasabah artinya menyakini bahwa allah mengetahui segala pikiran perbuatan dan rahasia dalam hati,yang membuat orang menjadi hormat dan tunduk kepda allah.muraqabah adalah meniliti dengan cermat apakah perbuatan sehari hari telah sesuai atau menyimpang dari yang dikehendakinya.
2,Cinta
Adalah suatu mata rantai keselarasan yang mengikat sang pencinta kepada kekasihnya.
3.Berharap dan takut
Sebagaimana yang dijelaskan dalam al qur’an (surat al- baqarah:218)
4.Rindu (Syauq)
5.Intim(Uns)
Intim (Uns)adalah sifat merasa selalu berteman,tak pernah merasa sepi.
Daftar pustaka :
Ilmu tasawuf(DR.Rosihon Anwar M.Ag.,DR.Mukhtar Solihin M.Ag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar